Beranda | Artikel
Bershalawat Sebelum Berdoa
Rabu, 8 Februari 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Bershalawat Sebelum Berdoa adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Seiasa, 9 Rajab 1444 H / 31 Januari 2023 M.

Bershalawat Sebelum Berdoa

وعن فَضَالَةَ بنِ عُبَيْدٍ – رضي الله عنه – قَالَ: سَمِعَ رسُولُ الله – صلى الله عليه وسلم – رَجُلًا يَدْعُو في صَلاَتِهِ لَمْ يُمَجِّدِ الله تَعَالَى، وَلَمْ يُصَلِّ عَلَى النَّبيِّ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ رسُولُ الله – صلى الله عليه وسلم: «عَجِلَ هَذَا» ثُمَّ دَعَاهُ فَقَالَ لَهُ – أَوْ لِغَيْرِهِ: «إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِتَحْمِيدِ رَبِّهِ سُبْحَانَهُ، وَالثَّنَاءِ عَلَيْهِ، ثُمَّ يُصَلِّي عَلَى النَّبيِّ – صلى الله عليه وسلم – ثُمَّ يَدْعُو بَعْدُ بِمَا شَاءَ».

Dari Fadhalah bin ‘Ubaid Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah mendengar salah seorang yang berdoa dalam shalatnya, tetapi dia tidak menyanjung Allah dan tidak pula membaca bershalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Orang ini telah tergesa-gesa,” kemudian Rasulullah memanggil orang itu. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam lalu bersabda pada orang itu atau pada orang lainnya juga: “Jika salah seorang di antara kalian shalat (yakni ketika berdoa), maka hendaklah dia awali dengan memuji dan menyanjung Allah Subhanahu wa Ta’ala, kemudian dia membaca shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, kemudian setelah itu dia berdoa sesuai dengan doa yang dikehendakinya.” (HR. Imam Abu Dawud dan Tirmidzi, dan Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini adalah hadits shahih)

Yang perlu kita pahami dalam masalah ini, bahwa tempat doa yang dibaca oleh orang ini adalah ketika tasyahud akhir. Makanya kita kalau berdoa dalam shalat ketika sujud, itu tidak perlu shalawat. Tapi setelah membaca tasbih sujud, kemudian kita berdoa tanpa membaca shalawat. Jangan sampai ada yang memahami bahwa setiap doa dalam shalat harus diawali dengan shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Setelah membaca shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, seorang berdoa dengan doa yang dikehendakinya. Dan doa-doa yang dibaca sesudah tasyahud sebelum salam itu ada riwayat-riwayatnya. Ada 13 atau 14 riwayat. Boleh juga membaca doa yang kita hafal.

Dalam hadits ini menjelaskan kepada kita tentang adab doa, baik itu dalam shalat maupun di luar shalat. Sebelum berdoa kita dianjurkan untuk memuji dan menyanjung Allah. Kemudian membaca shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Ini bagian dari adab-adab berdoa. Kecuali yang memang tidak ada tuntunannya. Contohnya doa apa yang tidak ada shalawat terlebih dahulu? Contohnya bacaan sesudah wudhu.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52676-bershalawat-sebelum-berdoa/